Update Persiapan Liga 3 Lampung 2020

PSSI pusat telah memastikan akan kembali menggulirkan Liga 1 dan Liga 2 pada bulan oktober mendatang. Lalu bagaimana dengan nasib Liga 3? Menurut penuturan ketua Asprov PSSI Lampung, Eddy Syamsu, Liga 3 pasti akan digelar jika Liga 1 & 2 dilanjutkan. “Kalau Liga 1 & 2 bergulir pasti Liga 3 juga bergulir, namun Liga 1 & 2 masih menunggu izin gugus kendali Covid, bisa atau tidak dilaksanakan”, ujar Eddy Syamsu kepada Lampung Football saat dihubungi via pesan singkat pada 13 Juli kemarin. Pihak PSSI Lampung pun telah menginformasikan kepada klub-klub anggota asprov PSSI Lampung terkait dengan persiapan Liga 3 Asprov Lampung. “Persiapan sudah kita laksanakan dan kita infokan ke klub-klub agar mereka siap, Liga 1 & 2 jalan, kita juga jalan”, Sambungnya.

Musim lalu, jatah klub Liga 3 Lampung yang lolos ke babak regional sumatra hanya 1 klub, sementara untuk musim ini, ketika disinggung mengenai jumlah kuota tim Liga 3 Lampung yang akan lolos ke babak regional, Eddy Syamsu masih belum dapat memastikan. “Kami masih menunggu regulasinya dari PSSI, disana akan diatur sistemnya untuk musim ini apakah setelah lolos babak provinsi akan ada babak regional atau langsung nasional dengan wakil masing-masing juara di provinsi”, tambahnya.

Ketika ditanya perihal venue kompetisi Liga 3, saat ini PSSI Lampung memiliki beberapa opsi stadion, Stadion Sumpah Pemuda pun menjadi salah satu pertimbangan, mengingat Stadion Sumpah Pemuda belum tentu digunakan untuk kelanjutan Liga 2 musim ini, walaupun kemungkinannya cukup kecil untuk menjadi venue Liga 3. “Untuk stadion, kami memiliki beberapa alternatif, nanti akan dipastikan setelah keputusan PSSI keluar. Untuk Stadion Sumpah Pemuda, karena itu berada dibawah pengelolaan Badak Lampung FC, tentu harus ada izin dari manajemen BLFC, karena biaya perawatan Stadion Sumpah Pemuda itu besar, hampir 30 juta/bulan, jadi mungkin banyak pertimbangan, kita lihat saja nanti gimana”, ucapnya sekaligus mengakhiri perbincangan kami kemarin malam.

Menarik untuk ditunggu bagaimana kelangsungan dari Liga 3 Provinsi ini, karena dari sinilah bibit-bibit lokal potensial akan muncul dan bisa diorbitkan ke level yang lebih tinggi.