[THROWBACK] Persikomet Raih Peringkat 3 di Piala Soeratin U-15 2019

Persikomet Kota Metro berhasil membanggakan nama Provinsi Lampung di ajang Piala Soeratin Putaran Nasional U-15 2019. Persikomet sukses meraih peringkat ketiga dibawah Persis Solo dan All-Star Rahuning yang menjadi Runner Up dan juara pada kompetisi ini.

Persikomet mengawali putaran nasional ini dengan tergabung di Grup B bersama Satya FC Lombok, Perseban Banjarmasin, dan Tunas Muda Bengkulu. Anak-anak asuh coach Bambang ini memulai babak fase grup dengan tidak mulus setelah di laga perdana dikalahkan Perseban Banjarmasin dengan skor 2-1. Di laga kedua, Persikomet dinyatakan menang WO atas Tunas Muda Bengkulu yang mengundurkan diri sebelum kompetisi dimulai. Laga pamungkas di Grup B melawan Satya FC Lombok menjadi laga hidup mati bagi anak-anak Metro. Mereka harus memenangkan pertandingan ini jika ingin lolos ke Babak 8 besar, karena di Piala Soeratin U-15 Putaran Nasional ini, hanya juara grup dan 2 runner up grup terbaik yang berhak melaju ke babak 8 besar, sehingga menjadi runner up saja belum cukup bagi Persikomet untuk lolos dari Grup B. Hasilnya, Persikomet berhasil mengalahkan Satya FC Lombok dengan skor 2-0. Kemenangan ini membuat Persikomet berhasil mengunci posisi puncak Grup B diatas Satya FC Lombok dan Perseban Banjarmasin. Ketiga tim ini sama-sama mengoleksi 6 poin, namun Persikomet unggul selisih gol atas Perseban, sementara Persikomet dan Satya FC Lombok memiliki selisih gol yang sama, namun Persikomet unggul Head to Head atas Satya FC Lombok sehingga Persikomet lah yang berada di puncak Grup B.

Pada babak Quarter Final, Persikomet bertemu dengan tuan rumah PSBK Blitar, bermain di Stadion Gelora Soeprijadi Kota Blitar, secara mengejutkan Persikomet berhasil menumbangkan tuan rumah PSBK Blitar dengan skor 1-3.

Hanya berjarak 2 hari dari laga Perempat Final, Persikomet langsung menjalani laga Semifinal melawan sesama tim sumatra, yaitu All Star Rahuning, Persikomet takluk dengan skor 3 gol tanpa balas dari tim asal Sumatra Utara tersebut.

Tanggal 7 Februari 2019 atau berselang 2 hari dari kekalahan di semifinal, Persikomet menjalani laga terakhirnya di Piala Soeratin U-15  dengan bermain di babak perebutan peringkat ketiga melawan PS Badung asal Bali yang sebelumnya ditaklukan oleh Persis Solo di babak Semifinal. Persikomet berhasil mengalahkan PS Badung dengan skor 2-0, kedua gol dicetak di babak extra time setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Dengan demikian, Persikomet mengakhiri perjalanannya di Piala Soeratin dengan menjadi peringkat ketiga. Hasil yang cukup baik bagi Persikomet, semoga ini dapat memacu para bintang-bintang sepakbola muda dari tanah Lampung untuk lebih giat lagi mengejar prestasi di kancah nasional, atau bahkan internasional.

Tak lupa, apresiasi juga harus kita berikan pada Persilat Lampung Tengah yang mewakili Lampung di Piala Soeratin U-17, namun sayang, Persilat belum berhasil lolos dari babak fase grup. Coba lagi tahun depan, Persilat Lampung Tengah!

Leave a comment