Preview Matchday 1: Tira Persikabo VS Badak Lampung FC

Perseru Badak Lampung FC (BLFC) akan memulai petualangannya di Shopee Liga 1 2019 dengan bertandang ke Stadion Pakansari Kab. Bogor untuk berhadapan dengan sesama tim yang ‘baru lahir’, yaitu Tira Persikabo pada tanggal 18 Mei 2019.
BLFC telah berada di Bogor sejak hari selasa (14/5) lalu untuk beradaptasi lebih cepat dengan kondisi daerah setempat. Bagi pelatih Jan Saragih, ia tentu sudah tidak asing lagi dengan wilayah Bogor, mengingat tahun lalu ia merupakan pelatih kepala tim Bogor FC, klub elite Liga 3 2018 yang juga menyingkirkan tim Lampung Sakti di babak 16 besar Liga 3 2018.
Sebelum berangkat menuju Bogor, BLFC hanya sekitar satu minggu berada di rumahnya, Lampung. Sepanjang persiapan menghadapi musim 2019, BLFC melakukan pemusatan latihan (TC) di area Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selama masa TC, BLFC melakukan 6 kali uji tanding dengan beberapa klub dari berbagai level, mulai dari tim lokal (Solo All-star), klub liga 3 (Persijap Jepara & Persebi Boyolali), klub liga 2 (Sriwijaya FC), dan juga klub Liga 1 (PSS Sleman & Barito Putera).
Hasil uji tanding tidak menunjukan hasil yang cukup memuaskan, di uji coba perdana, BLFC berhadapan dengan tim anggota Liga 3, yaitu Persebi Boyolali, uji coba perdana ini berakhir imbang dengan skor 2-2.
Dilaga kedua, BLFC melawat ke Stadion Gelora Bumi Kartini di Jepara untuk berhadapan dengan tim Liga 3 lainnya, Persijap Jepara. Di uji coba kedua ini, tim yang berjuluk Laskar Saburai ini ditahan imbang oleh sang tuan rumah dengan skor 3-3.
Beberapa hari berselang, BLFC melakukan uji tanding ketiganya melawan Solo All-Star, tim yg berisikan beberapa mantan pemain Persis Solo ini berhasil ditumbangkan dengan telak oleh pasukan tempur BLFC dengan skor 5-1.
Setelah 3 kali melakukan Uji Tanding di daerah Jawa Tengah, BLFC berpindah lokasi TC menuju Yogyakarta, selain mencari suasana baru, tentunya juga untuk mendapatkan lawan uji tanding yang lebih baik.
Dengan kualitas lawan yang jauh diatas 3 tim sebelumnya, BLFC tidak mendapatkan kemenangan dalam 3 laga uji coba nya di Yogyakarta. Pada uji coba perdananya di Yogyakarta, BLFC menelan kekalahan dari Barito Putera dengan skor 0-1, selanjutnya BLFC ditahan imbang oleh tim promosi yang merupakan jawara liga 2 musim lalu, yaitu PSS Sleman. Bermain di Stadion San Siro mini alias Maguwoharjo, tidak ada gol tercipta selama 90 menit waktu normal.
Di uji coba terakhir pada tanggal 30 April 2019, BLFC berhadapan dengan sesama tim sumatra, yaitu Sriwijaya FC. Tim asal Palembang tersebut baru saja terdegradasi ke Liga 2 2019 setelah musim lalu menempati peringkat ke 17 alias kedua dari bawah di Liga 1 2018. Sempat tertinggal oleh gol penalti Yongki Ariwibowo, BLFC berhasil menyamakan kedudukan melalui kapten TA Musafri dan memaksa pertandingan kembali berakhir imbang, kali ini dengan skor 1-1. 
Total, dari 6 pertandingan, anak asuh Jan Saragih hanya meraih 1 kemenangan, 4 kali imbang dan sekali menelan kekalahan. Harapannya, setelah serangkaian hasil uji coba ini, Coach Jan sudah menemukan formula terbaik untuk formasi BLFC musim ini. Namun seperti yang kita ketahui bersama, di detik-detik akhir menjelang kompetisi dimulai, BLFC masih mendatangkan beberapa pemain baru seperti Suhandi, M. Sabilillah, dan Billy Keraf. Artinya pemain-pemain baru ini masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan tim, mengingat mereka tidak mengikuti TC bersama dengan anggota tim lainnya.
Target mencuri poin dari Bogor adalah hal yang cukup realistis. Sang lawan, Tira Persikabo, bermain cukup apik pada gelaran Piala Presiden lalu, mereka berhasil lolos dari Grup A sebagai runner up, diatas tim kuat Persib Bandung, sebelum akhirnya ditumbangkan Persebaya Surabaya di perempat final dengan skor 3-1.
(mfl)

Leave a comment